Sabtu, 06 September 2008

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Buah yang satu ini sudah sangat mendunia dan hampir-hampir tidak ada orang yang tak mengetahui buah ini. Buah yang identik dengan bulan Ramadhan ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang amat berguna bagi kesehatan kita.
Buah padang pasir yang mepunyai tekstur berserat , berbentuk oval, berwarna gelap(coklat,hitam,agak kemerahan) dan besarnya se ibu jari kaki ini sangat mudah kita temui terutama pada bulan Ramadhan ini, hampir semua pasar tradisional sampai ke supermarket menjual buah ini.
Tak berlebihan jika banyak orang yang mengkonsumsi buah ini, selain karena mwnjalankan sunnah nabi, ternyata kurma juga mengandung berbagai manfaat lain untuk kesehatan. Dan ini bukanlah karangan para penulis saja akan tetapi uji klinis modern juga telah membuktikannya.

Berikut ini sebagian manfaat dari kurma yang di lihat dari sudut pandang medis yang modern:
1. Tamr (kurma kering) berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan karena mengandung serabut-serabut (serat) ia juga mampu melancarkan saluran kencing serta menguatkan rahim bagi para wanita, terutama ketika melahirkan.
Buah kurma yang matang sangat kaya dengan unsur Kalsium dan besi, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk wanita yang sedang hamil dan yang akan melahirkan. Bahkan Allah SWT memerintahkan Maryam untuk memakannya pasca melahirkan nabi Isa AS.
2. Ruthab (kurma basah) dapat mencegah terjadinya pendarahan bagi wanita ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim ketempat semula sebelum waktu kehamilan berikutnya.Ini terjadi karena di dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses kelahiran.
3. Buah kurma (Tamr/Ruthab) dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok, oleh karena itu para dokter menganjurkan untuk memberikan beberapa kurma kepada anak-anak dan orang yang lanjut usia, agar kondisi kejiwaannya lebih tenang.
4. Buah kurma yang direbus dapat melancarkan saluran kencing
5. Buah kurma Ajwah (kurma nabi) dapat digunakan sebagai suatu alat ruqyah dan dapat mencegah gangguan jin.
6. Kurma sangat dianjurkan sebagai hidangan berbuka puasa karena orang yang berpuasa kekurangan air dan gula setelah satu hari berpuasa. Berkurangnya glukosa (zat gula) dari dalam tubuh dapat mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang-tulang.
7. Buah kurma dapat mencegah stroke.
8. Kuma mengandung vitamin A yang amat baik untuk kesehatan mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi dan kesehatan kulit.
9. Kurma basah/sari kurma dapat membantu proses penyembuhan pada penderita demam berdarah dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus.
10. Kurma adalah buah, makanan, obat, minuman sekaligus gula-gula yang nyaris lengkap semua zat gizinya. Campuran zat gula(glukosa,sukrosa dan fruktosa), protein, lemak, serat, vitamin A,B1,B2,B3, potassium,kalsium,besi,klorin,tembaga,magnesium,sulfur,fosfor dan beberapa enzim.


Tidak ada komentar:

Baca juga dengan Feed