Selasa, 23 September 2008

Obat Rasulullah

Ramadhan 1431 H telah di depan mata, bagi umat Islam di seluruh dunia merupakan bulan yang amat di nanti-nanti karena bulan Ramadhan adalah bulan yang di penuhi dengan rahmat dan ampunan dari Allah SWT dimana setiap amalan yang di kerjakan akan berlipat ganda pahalanya, bulan dimana setan-setan menangis frustasi karena pengampunan Allah SWT akan terbuka lebar di bulan ini bagi hamba-hambanya, bulan yang dimana di dalamnya terdapat sebuah malam yang teramat istimewa karena malam itu adalah malam di mana wahyu yang pertama kali di turunkan kepada Rasulullah Muhammad SAW dan apabila seorang hamba melakukan ibadah di malam tersebut maka nilainya akan sama dengan beribadah selama 1000 bulan. Bulan dimana sikaya lebih empati kepada si miskin, bulan dimana begitu banyak anak-anak yatim di santuni, bulan di mana panti-panti asuhan memenuhi agenda-agendanya dengan undangan buka bersama.
Sudahkah anda semua mempersiapkan lahir dan batin anda untuk menyambut bulan yang mulia ini??. Rasulullah SAW mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan sejak bulan Sya'ban, di bulan ini Rasulullah SAW membaca doa: "Allaahumma Baarik Lanaa fii Rajaba Wa Sya'baana, Wa Ballighna Ramdhaana"."Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban serta sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan". Rasulullah SAW juga memperbanyak puasa-puasa sunnah di kedua bulan sebelum memasuki Ramadhan.
Untuk lahir atau fisik anda,sudahkah anda benar-benar sehat untuk menyambut bulan mulia ini?. Berikut ini adalah sedikit informasi buat anda semua tentang metode pengobatan yang di terapkan Rasulullah SAW untuk mengobati berbagai penyakit:
  1. Menyantap 7 butir kurma Ajwah di pagi hari, sesuai dengan hadist Rasulullah SAW yang berbunyi,"Man Tashabbaha Kulla Yaumin Sab'a Tamaraatin 'Ajwatan Lam Yadhurrahu fii Dzaalikal Yaumi Summun Wa Laa Sihrun". Barangsiapa yang makan pagi dengan 7 butir kurma Ajwah, maka tak akan mencelakainya di hari itu racun dan sihir. (hadist Riwayat Bukhari).
  2. Membaca Al-Mu'awwidzat yaitu surah Al-Ikhlas,Al-Falaq dan An-Naas dan di usapkan pada bagian tubuh yang sakit, sesuai dengan hadist dari 'Aisyah Radliyallahu 'Anha,"Bahwasanya Nabi SAW dahulu ketika beliau sakit yang membawa pada wafatnya membaca Al-Mu'awwidzat.Kemudian beliau SAW meludah disertai dengan tiupan pada kedua telapak tangannya,kemudian di usapkan kewajah dan badannya.Ketika sakitnya bertambah parah,aku yang membacakan Al-Mu'awwidzat dan aku yang mengusapkan tangan beliau kebadannya untuk mencari barokah dari kedua telapak tangannya".(hadist Riwayat Bukhari).Hendaklah sebelum tidur kita juga membaca Al-Mu'awwidzat dan meniupkannya ke kedua telapak tangan dan mengusapkannya ke kepala dan keseluruh tubuh sebanyak 3 kali.(HR.Bukhari no.4630).
  3. Meminum Madu dan Ber-Bekam, sesuai dengan hadist Rasulullah SAW "Obat itu terdapat pada 3 hal,yaitu: minum madu, berbekam dan kay dengan api, namun aku melarang kay.(HR.Bukhari). Kay adalah suatu metode pengobatan dengan cara memanaskan besi kemudian di tempelkan pada urat yang sakit.
  4. Mengkonsumsi Habbatussauda(jintan hitam), dari Usamah bin Syarik radliyallahu 'anhu dia berkata, Rasulullah SAW bersabda:"Habbatussauda (jintan hitam) adalah obat dari segala macam penyakit kecuali kematian".(HR. Thabarani).
Nah saudara-saudaraku, masih banyak adab yang harus kita ketahui ketika kita tertimpa penyakit, namun sedikit informasi di atas mudah-mudahan menjadi tambahan pengetahuan kita dan semoga menjadi amalan kita semua.
Di kutip dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Baca juga dengan Feed