Sabtu, 11 Oktober 2008

Tips Berbelanja Online

Berbelanja lewat internet!, siapa takuuuut.
Kita mengenal transaksi jual beli di pasar tempat kita biasanya berbelanja segala kebutuhan hidup kita sehari-hari, dan model transaksi seperti ini sudah berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu ketika peradaban manusia beralih dari sistem barter barang.
Di zaman sekarang ini di mana teknologi informasi yang semakin canggih memunginkan manusia untuk melakukan jual-beli barang dan jasa melalui media internet yang sekarang lagi naik daun. Kita tidak perlu lagi keluar dari rumah jika ingin melakukan pembelian suatu barang, cukup duduk manis saja didepan komputer yang terkoneksi internet maka kita akan melihat pasar yang sangat-sangat komplit yang menyediakan segala kebutuhan yang kita inginkan.
Nah, ada beberapa tips berbelanja di pasar maya seperti ini. Tips ini berlaku umum bagi siapa saja yang ingin melakukan transaksi internet.

1. Pastikan dulu barang yang anda inginkan secara spesifik.
Maksudnya adalah jika anda ingin membeli suatu barang, contohnya: kamera, maka anda harus memastikan merek, tipe, dan segala sesuatu yang berkenaan dengan kamera yang ingin anda beli. Sebuah website yang profesional biasanya menyediakan semua informasi yang berkenaan dengan barang yang akan dijualnya. Anda bisa memulainya dengan searching via google atau yahoo.
2. Siapkan Dana.
Bagian terpenting dari suatu transaksi jual beli adalah dana atau uang, siapakan budget anda sesuai dengan harga barang yang akan anda beli, biasanya transaksi dilakukan via transfer antar rekening/bank atau via kartu kredit. Beberapa website juga menyediakan layanan pembayaran via PayPal. Informasi tentang membuat account PayPal dapat anda baca disini.
3. Lakukan Transaksi
Ingat!... Pastikan website tempat anda membeli barang adalah website yang aman/secure untuk melakukan transaksi online, jika anda melakukan transfer antar bank tidak menjadi masalah akan tetapi jika anda melakukan pembayaran via kartu kredit maka anda harus mengecek semua aspek keamanan di halaman website tersebut. Biasanya website yang aman telah tervalidasi oleh "very sign secure" sebagai tandanya adalah anda masuk kehalaman "https" bukan "http" dan anda tanda gembok yang biasanya terletak disebelah kanan bawah. Jika tanda gembok tersebut "unlocked", gambarnya yaitu gembok yang di coret tanda merah maka jangan sekali-kali anda memasukkan data kartu kredit anda di halaman tersebut karena akan sangat berbahaya bagi anda.
Jika anda merasa semua sudah beres maka anda bisa melanjutkan transaksi anda membeli barang yang anda inginkan tadi. Ingat, masing-masing website menerapkan kebijakan pembayaran yang berbeda-beda, ada yang membayar DP terlebih dahulu dan setelah barang tiba di tempat barulah sisanya dilunasi( saya lebih senang dengan sistem yang seperti ini, karena jika suatu website telah berani menerapkan sistem seperti ini maka kredibilitas website atau penjual barang tersebut sudah tidak diragukan lagi), ada juga yang kita bayar lunas baru barang akan dikirim.
Lebih baik lagi jika anda mendapatkan berita atau referensi dari sahabat atau teman anda tentang keberhasilannya berbelanja melalui website tersebut.

Semoga tips ringan diatas dapat membantu anda yang ingin berbelanja via internet dan tulisan-tulisan menari yang lain akan menyusul.

Tidak ada komentar:

Baca juga dengan Feed