Sabtu, 18 Oktober 2008

Tips Mengendarai Sepeda Motor

Angka kecelakaan transportasi di Indonesia melonjak dari tahun-ketahun dan salah satu penyumbang terbesar kecelakaan adalah pengendara sepeda motor. Sangat sedikit sekali dari kecelakaan sepeda motor yang tidak berkibat fatal seperti kematian.
Banyak orang yang berpendapat bahwa kecelakaan adalah kehendak yang Kuasa. Memang benar bahwa segala kejadian adalah atas perkenan yang Kuasa, akan tetapi kita sebagai manusia haruslah berusaha untuk meminimalisir sekecil mungkin sebab-sebab dari kecelakaan dan seandainya kecelakaan itu harus terjadi maka dampak kecelakaan tersebut dapat kita kurangi sekecil mungkin. Caranya adalah bagaimana kita melindungi diri kita dengan pakaian yang benar dan mengikuti rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan yang berlaku.
Alat Pelindung Diri
Merupakan pakaian yang semestinya kita pakai selama mengendarai motor, terutama untuk perjalanan jauh dan masuk ke jalan utama (jalan protokol):
  1. Helm standar, ini wajib di pakai selama mengendarai motor. Bukan hanya agar tidak di tilang pak polisi akan tetapi fungsi sebenarnya adalah untuk melindungi bagian kepala yang merupakan bagian paling vital dan paling sering menyebabkan kematian apabila terjadi kecelakaan.
  2. Jaket, merupakan pakaian pelindung tubuh apabila terjadi kecelakaan. Dengan memakai jaket tebal berlengan panjang yang menutupi seluruh tubuh bagian atas maka akan sangat membantu meminimalisir dampak kecelakaan ringan yang biasanya hanya membuat tubuh lecet-lecet. Selain itu juga melindungi anda dari hembusan angin kencang dan hawa dingin.
  3. Sepatu, apabila terjadi kecelakaan dan anda terseret di aspal maka peran sepatu di sini akan sangat berguna melindungi kaki anda dari benturan dan terluka. Lain halnya jika anda hanya menggunakan sandal yang pada hakikatnya hanya untuk alas telapak kaki.
  4. Celana tebal (jeans), pakaian bawah yang paling baik dan comfort untuk mengendarai motor. Berguna untuk meminimalisir lecet-lecet akibat kecelakaan dan juga pelindung yang baik untuk angin kencang yang berhembus selama berkendara.
Lebih baik lagi jika anda juga memakai sarung tangan khusus untuk mengendarai motor, nah mulai dari sekarang mulailah membiasakan diri anda untuk menggunakan pakaian keselamatan ini untuk melindungi anda dari dampak fatal akibat kecelakaan. Semuanya kembali kepada diri kita masing-masing dan apakah kita menyayangi diri kita yang cuma satu-satunya ini, dan ingatlah bahwa dampak dari kecelakaan bisa berakibat penderitaan seumur hidup yang nantinya akan kita sesali padahal dapat di cegah atau di minimalkan dampak tersebut.
Tulisan di atas adalah standar berkendaraan motor secara umum dan jika anda ingin yang lebih aman lagi tentu ada pakain khusus untuk mengendarai motor seperti yang di pakai oleh para pembalap akan tetapi tentu harganya juga akan sangat mahal.
Fahamilah bahwa tempat yang akan anda tuju tidak akan pernah bergerak atau pindah ketempat lain sehingga anda harus 'ngebut untuk mencapainya, jagalah kecepatan anda pada batas yang telah ditentukan, jangan lepas kaca spion anda karena ini merupakan bagian penting dari sebuah sepeda motor. Patuhi marka jalan dan tanda-tanda lalu lintas, karena semuanya itu di pasang untuk keselamatan anda. Ingat..., UNTUK KESELAMATAN ANDA.

Tidak ada komentar:

Baca juga dengan Feed